Review Jurusan Teknik Perminyakan dan Prospeknya

Teman – teman disini mungkin banyak yang sedang galau menentukan jurusan kuliah. Kali ini penulis mencoba sharing  review jurusan kuliah, kali ini tentang jurusan teknik perminyakan atau dalam bahasa Inggris disebut petroleum engineering. Pasti teman – teman ada yang tertarik ke jurusan ini gara – gara prospeknya yang cerah dan akan menghasilkan gaji yang besar. Hal ini memang benar, karena Faktanya kerja di perusahaan minyak dan gas gajinya cukup tinggi jika dibandingkan dengan bekerja di sektor lain. Industri minyak dan gas juga bisa menjadi penghasilan utama suatu negara.  Buktinya negara -  negara di Timur Tengah kaya raya karena dianugerahi cadangan minyak yang melimpah ruah. Keuntungan lain masuk jurusan teknik perminyakan yaitu karena panas bumi yang beberapa saat yang akan datang akan lebih ditingkatkan pemanfaatannya sehingga sarjana teknik perminyakan tentunya masih sangat dibutuhkan.
 
Teknik Perminyakan (petroleum engineering) yaitu jurusan yang berfokus kepada tambang minyak, gas, dan panas bumi, meliputi asal terbentuknya minyak lalu kegiatan pengeboran, eksplorasi (pencarian minyak dan gas), distribusi dan ekonomi migas. Perbedaan teknik perminyakan dan teknik pertambangan terdapat pada objek benda yang ditambang. Teknik pertambangan belajar menambang benda padat contohnya mineral, batubara, batuan atau bahan galian lainnya, nah kalau Teknik Perminyakan berbicara bagaimana menambang barang yang berbentuk fluida (cairan dan gas).

Ilmu fisika dan matematika banyak digunakan di teknik perminyakan. Tetapi tenang saja jurusan ini tidak terlalu membutuhkan matematika, fisika, maupun kimia yang sangat tinggi. Perhitungan dalam ilmu perminyakan bisa menggunakan kalkulator atau software tentang perminyakan. Jadi jika teman – teman ingin masuk teknik perminyakan dan merasa lemah atau tidak pintar dalam ilmu fisika dan matematika tidak perlu khawatir karena mahasiswa yang masuk teknik perminyakan juga awalnya ada yang merasa tidak pintar fisika dan matematika namun hal ini bisa dipelajari dan akhirnya mereka bisa lulus sebagai sarjana teknik perminyakan. Selain itu pada semester awal juga akan dipelajari fisika dasar dan matematika. Jadi jangan takut masuk jurusan ini.
Jika ada anggapan “minyak beberapa tahun lagi segera habis",  jangan menyurutkan niat teman – teman untuk masuk ke jurusan ini. Anggapan habis pada anggapan itu maksudnya kalau tidak dilakukan  pencarian lapangan minyak dan gas, karena sekedar informasi untuk teman – teman  sebenarnya masih banyak tempat yang belum terjamah untuk diambil minyak dan gasnya karena teknologi yang belum memadai, misalnya pengambilan minyak pada laut lepas yang sangat dalam. Kalau suatu saat teknologi sudah memadai, bukan tidak mungkin  minyak – minyak yang saat ini belum bisa terambil maka pada masa yang akan datang bisa terambil. Anggapan “minyak beberapa tahun lagi segera habis" sebenarnya sudah banyak diperbincangkan sejak tahun 90an. Tapi faktanya hingga saat ini Indonesia masih mampu memproduksi sekitar 800.000 barrel setiap harinya.
Jurusan teknik perminyakan terdapat 4 spesialisasi yaitu reservoir, pemboran, produksi, dan geothermal. Teknik reservoir  belajar diantaranya tentang melakukan perhitungan cadangan hidrokarbon dan apa yang harus dilakukan agar sumur minyak mampu berproduksi secara terus - menerus. Teknik pemboran belajar tentang bagaimana cara membuat suatu lubang untuk mengalirkan hidrokarbon dari reservoir ke permukaan tanah. Teknik produksi mempelajari tentang penanganan hidrokarbon setelah diambil ke permukaan agar sesuai dengan standar yang diinginkan perusahaan atau konsumen. 
Jika anda menjadi mahaiswa teknik perminyakan, selain pembelajaran di kelas maka anda diwajibkan juga mengikuti kegiatan praktikum di laboratorium seperti praktikum analisa inti batuan, analisa fluida reservoir, analisa lumpur pemboran, penilaian formasi, analisa semen pemboran, peragaan pemboran, peragaan produksi, uji sumur, dan sebagainya. Bahkan ada juga kampus yang mengadakan kuliah lapangan ke perusahaan minyak dan gas agar mahasiswa mengetahui bagaimana lapangan minyak dan gas dan pelaksanaan industri minyak dan gas.
Pekerjaan atau tugas seorang petroleum engineer yaitu mencari daerah yang mengandung minyak, menghitung cadangan dari suatu lapangan minyak, menentukan dimana titik bor untuk mengambil minyak, melakukan kegiatan pemboran, dan lain-lain.

Prospek kerja  Sarjana Teknik Perminyakan
Sarjana Teknik Perminyakan bisa bekerja di berbagai sektor seperti :

1. Sektor Minyak dan gas (industri minyak dan gas)
Sarjana Teknik Perminyakan bisa bekerja industri migas di seluruh dunia. Jika anda ingin gaji yang melimpah maka bekerja di industri minyak dan gas di Timur Tengah bisa menjadi pilihan. Berikut ini beberapa perusahaan minyak dan gas :  Pertamina, Conoco Phillips, VICO Indonesia, Exxon Mobil, Chevron Pasific Indonesia, Total Indoensia, Sclumberger, Medco Energy, dan masih banyak lagi.

2. Bidang pemerintahan dan lembaga penelitian.
Jika anda sarjana perminyakan yang merasa tidak begitu tertarik masuk ke dunia industri, maka bisa masuk ke bidang pemerintahan dan lembaga penelitian seperti Kementrian energi dan sumber daya mineral, Departemen Pertambangan dan Energi, Ditjen Minyak dan Gas Bumi, Ditjen Geologi dan Sumber Daya Mineral, BP Migas, dan sebagainya. Pada lembaga penelitian lulusan teknik perminyakan dapat bekerja di LIPI, Lemigas, BPPT, dan sebagainya.

3. Perusahaan pengadaaan barang penunjang industri perminyakan dan pertambangan
Masuk ke sektor inipun bisa menjadi pilihan lulusan teknik perminyakan

4. Akademisi
Sarjana teknik perminyakan bisa juga menjadi dosen atau peneliti di perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh dunia. Menjadi dosen juga cukup menguntungkan karena dosen sering mendapat proyek dari suatu perusahaan sehingga dapat memiliki penghasilan tambahan.

5. Lain-lain (Bank, perusahaan asuransi , dan wiraswasta)

Perguruan Tinggi atau universitas yang memiliki jurusan teknik perminyakan diantaranya:
1.     Institut Teknologi Bandung
2.     Universitas Trisakti
3.     Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
4.     Universitas Islam Riau
5.     Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
6.     Sekolah Tinggi Teknologi Migas Balikpapan
7.     Akademi Minyak dan Gas (Akamigas) Balongan Indramayu
8.     Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB) Cikarang Bekasi

Sekian review tentang jurusan teknik perminyakan dan apabila teman – teman menginginkan review jurusan lain atau informasi yang belum sempat ditulis silahkan isi kolom komentar dan dengan senang hati akan saya buatkan reviewnya. Thanks :D




18 Responses to "Review Jurusan Teknik Perminyakan dan Prospeknya"

  1. Saya masih SMA dan saya berada di jurusan bahasa . Saya ragu untuk masuk fakultas itu karena jurusan saya bukan ipa atau ips. Kira kira bisa gak ya masuk fakultas teknik perminyakan ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa2 aja,asal mau belajar lebih giat dan jangan malu bertanya sama teman yg lebih mengerti

      Hapus
    2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. Bisa gan.. Saya di stt migas balikpapan temen saya ada yang SMK bisa masuk. Biasanya ada matrikulasi

    BalasHapus
  3. saya dari smk.dr soetomo.cilacap jurusan multimedia apakah bisa masuk kuliah teknik perminyakan ?

    BalasHapus
  4. semua jurusan bisa masuk asalkan ada kemauan namun cukup sulit jika universitasya udah negri tapi jgan kwatir ada yang swasta seperti Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta,Trisakti dan lain lain

    BalasHapus
  5. Jurusan perminyakan apakah banyak peminat nya bang ?
    Terimakasih gan atas info nya ☺ .

    BalasHapus
  6. kalau perempuan masuk teknik perminyakan kira-kira gimana kesempatan kerjanya?

    BalasHapus
  7. Happy blogwalking, ane mahasiswa Teknik Perminyakan UPN Veteran Yogyakarta. Monggo mampi ke website saya kitaistimewa.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak apa masuk ke teknik perminyakan itu harus dari IPA?

      Hapus
  8. News sekarang akreditasi stt migas kini sudah B baca info nya Silahkan kunjungi website kami di http://www.sttmigasinfo.tk untuk mengetahui Sekolah Tinggi Teknologi Minyak Dan Gas Bumi balikpapan semua bisa masuk di jurusan perminyakan mau SMA, SMK, semua bisa silahkan join di Teknik Perminyakan dan rasakan sensasinya

    BalasHapus
  9. kira kira yang bisa di jadikan motivasi buat pilih jurusan itu apa bang?

    BalasHapus
  10. kalo perempuan ingin masuk teknik perminyakan prospek kerjanya apakah luas? trus cwek yg msuk tknik perminyakan itu bnyak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Mnrut kk prospek krjanya until cwe luas ngk ya?

      Hapus
  11. Apakah di teknik perminyakan sangat membutuhkan pelajaran kimia?

    BalasHapus
  12. Min, untuk univ di indonesia yang memiliki jurusan teknik perminyakan salah satunya POLITEKNIK AKAMIGAS PALEMBANG

    BalasHapus

Entri Populer