Jurusan Teknik Sipil dan Prospek Kerja

Review Jurusan Teknik sipil - Teknik Sipil adalah salah satu jurusan di perguruan tinggi  yang masih berada dalam lingkup ilmu teknik yang di dalamnya mempelajari  tentang teknologi perencanaan, pembangunan, perawatanan, perbaikan pada bangunan maupun fasilitas umum, contohnya jalan tol, jalan raya, gedung dan lain sebagainya.

Nah dari definisi diatas semoga pembaca sudah tidak ada yang salah beranggapan lagi hanya  karena ada kata - kata sipilnya maka seorang sarjana jurusan teknik sipil hanya dapat bekerja sebagai pegawai negeri sipil ataupun hanya akan berkarir di instansi pencatatan sipil.

Baca juga : info lengkap jurusan teknik pertambangan


Jurusan teknik sipil dan teknik arsitektur merupakan jurusan yang berbeda walaupun sama-sama berbicara mengenai membuat gedung. Pada jurusan Teknik sipil, mahasiswa belajar cara membuat struktur bangunan  yang kokoh dan ekonomis. Sedangkan jurusan Teknik Arsitektur lebih terfokus kepada masalah desain bangunan.  Teknik arsitektur lebih condong belajar mengenai cara mendesain bangunan yang menarik. Jadi orang – orang teknik sipil bisa dikatakan merupakan penerjemah ke dalam bentuk nyata dari sebuah desain gambar seorang arsitek.
Dalam jurusan ini bisa dikatakan terdapat banyak mata kuliah yang memaksa anda untuk menhitung. Tetapi  jika anda tidak gemar dengan hitungan-hitungan, tetapi niat anda sangat ingin masuk ke jurusan teknik sipil maka jangan gentarkan niat anda. Lebih baik anda siapkan diri anda untuk mempelajari hitungan di jurusan ini. Karena anda harus ingat bahwa semua hal pasti bisa dipelajari. Banyak juga maahsiswa teknik sipil yang sebenarnya tidak menyukai hitungan tetapi buktinya bisa menjadi sarjana teknik sipil.

Perkuliahan Di Teknik Sipil
Cabang-cabang ilmu yang mahasiswa jurusan teknik sipil pelajari diantaranya :  
1. Manajemen Konstruksi      
Di dalamya diantaranya  belajar mengenai manajemen dalam sebuah pekerjaan  konstruksi meliputi biaya atau keuangan, waktu pembangunan agar selesai tepat target waktu dan hal – hal lainnya yang  berkaitan dengan manajemen dalam perencanaan sebuah bangunan.  Ilmu ini pas untuk anda calon -  calon manajer dalam sebuah proyek pembangunan/perusahaan konstruksi.
2. Geoteknik
Dalam geoteknik mahasiswa diantaranya belajar mengenai struktur tempat didirikan suatu bangunan. Selain itu juga mempelajari tentang sifat tanah seperti apakah tanah di suatu tempat baik dan cocok untuk pendirian sebuah bangunan karena kondisi tanah merupakan salah satu faktor yang berpengaruh dalam pemmbuatan sebuah bangunan.
3. Transportasi,
Mahasiwa teknik sipil juga dibekali mengenai pelajaran sistem transportasi berkaitan dengan perencanaan dan pengaplikasiannya dalam kehidupan. Hal ini bertujuan agar mahasiswa teknik sipil memiliki ilmu yang dapat diterapkan dalam pembuatan jalan tol maupun  raya, kontruksi bandara, pembangunan pelabuhan dan hal – hal lain yang berkaitan dengan pembuatan sarana transportasi.
4. Hidrologi/Hidrolika
Dari kata hidro diatas pasti teman-teman sudah dapat menebak yaitu Mahasiswa teknik sipil juga mempelajari mengenai air.
Pelajaran tentang air ini diantaranya meliputi distribusi, problem, penanganan dan pengawasannya . ilmu ini kelak akan diterapkan pada sesuatu yang berhubungan dengan bangunan air contohnya waduk, bendungan dan pelabuhan. Selain itu ilmu ini juga digunakan untuk  irigasi dan drainase kota
5.Stuktur bangunan 
Di dalamnya membahas tentang material contohnya kaca, kayu,  baja, beton, dan juga material – material bangunan lainnya. Pembahasan tentang material ini bertujuan agar mahasiswa teknik sipil mengetahui seperti apa sifat-sifat material yang baik untuk dipakai sebagai bahan dalam pembangunan. 
Jika anda masuk ke jurusan teknk sipil maka pada semester awal akan diajarkan mata kuliah dasar yang masih bisa dikatakan seperti pelajaran SMA seperti Bahasa indonesia, Fisika,Matematika (Kalkulus), Kimia, pancasila, Agama, Bahasa inggris. Kemudian jika sudah menginjak ke semster – semester selanjutnya maka akan bertemu dengam mata kuliah yang mulai mendalami ilmu teknik sipil seperti : Mekanika teknik, statistika, Gambar teknik, Struktur Jembatan, Teknologi bahan bangunan, Struktur beton, Hidrologi, Struktur baja, Struktur Kayu, Hukum yang berhubungan dengan proyek Konstruksi, Sistem transportasi, Rekayasa pondasi, menejemen proyek, rel  Kereta Api, Jalan Raya, Terowongan, Irigasi bangunan air, Ilmu Ukur Tanah, Mekanika Tanah, Hidrolika, software komputer yang digunakan di bidang teknik sipil ( contohnya Staad pro , SAP 2000,  Autocad , eTABS , dsb ) dan mata kulliah lainnya yang jiika anda ingin tahu maka anda harus masuk ke jurusan teknik sipil hehe

Prospek kerja lulusan jurusan teknik sipil
Jurusan teknik sipil merupakan jurusan yang sebenarnya menawarkan prospek yang cerah. Karena anda harus ingat bahwa negara ini terus melakukan pembangunan dalam segala hal, baik gedung, jalan maupun fasilitas – fasilitas lainnya. Berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai prospek kerja teknik sipil.
1.Konsultan / Kontraktor Konstruksi Bangunan
Lulusan jurusan teknik sipil bisa bekerja di bidang pembangunan sebuah kontruksi, contoh posisinya sebagai , struktural engineer, site engineer,drafter dan estimator.
2. Program atau proyek pembangunan
Mahasiswa teknik sipil kelak bisa bekerja dalam sebuah rencana pembangunan, misalnya jalan raya, jalan tol, jembatan, rumah sakit, bendungan dan lain - lain. Negeri kita ini merupakan salah satu negara yang masih menggencarkan pembangunan, jadi menjadi mahasiswa teknik sipil dan kelak turut berkarir di bidang pembangunan fasilitas merupakan salah satu peluang yang baik bagi anda.
3.Pegawai Negeri Sipil ( PNS )
Instansi-instansi pemerintah juga membutuhkan lulusan teknik sipil. Contohnya pada badan dan dinas seperti Badan perencanaan daerah, PMU-Bina Marga, rumah sakit, Departemen ESDM, Dina tata kota dan pertamanan.
4. Badan Usaha Milik Negara ( BUMN )
Beberapa BUMN juga menyediakan lowongan untuk anda calon sarjana teknik contohnya di Cipta karya ( Perencanan ), Waskita karya ( Bangunan Gedung ), Hutama karya (Jalan dan jembatan ) dan BUMN-BUMN lainnya.
5. Bidang Umum
Lulusan teknik sipil masih punya berbagai alternatif dimana dia akan bekerja pilihan prospek, contohnya bisa bekerja di BUMN yang tidak berhubungan dengan industri di bidang konstruksi untuk pembangunan misalnya Telkom dan PLN. Pekerjaan yang dilakukan lulusan teknik sipil pada perusahaan ini contohnya pada prasarana  tower telekomunikasi serta bendungan untuk pembangkit listrik. Perusahaan – perusahaan swasta juga dapat menjadi tempat bekerja lulusan teknik sipil termasuk juga perusaahn minyak dan pertambangan.

Bagi anda yang tidak suka bekerja di lapangan maka Dunia perbankan juga bisa menjadi aternatif, contoh pekerjaanyanya menjadi analis peminjaman uang untuk pembangunan sebuah proyek untuk menetukan apakah proyek tersebut layak mendapat uang pinjaman atau tidak.

Selain hal-hal di atasa masih banyak prospek kerja jurusan teknik sipil.  Pada Intinya jurusan teknik sipil bukanlah jurusan yang sempit dalam hal prospek kerja. 

0 Response to "Jurusan Teknik Sipil dan Prospek Kerja"

Posting Komentar

Entri Populer